Yuk Mengunjungi Vihara Gunung Timur, Vihara Terbesar di Kota Medan

Keberadaan agama di Kota Medan memang cukup beragam. Dan Vihara menjadi salah satu tempat ibadah yang cukup tekenal di kota ini. Bahkan, di kota ini juga terdapat vihara terbesar di kota Medan dan juga bahkan Pulau Sumatera yang kini menjadi salah satu tempat wisata di Medan. Yaitu Vihara Gunung Timur.

Vihara Gunung Timur ini cukup luas. Yaitu berada di Jalan Hang Tuah 16, Medan. Vihara di Medan ini menghadap sungai Babura dan dipercaya membawa keberuntungan bagi kelenteng tersebut. Letak tempat wisata di Medan ini pun hanya berjarak beberapa ratus meter dari Kuil Shri Mariamman yang terkenal.

Vihara di Medan ini cukup cantik dan menarik untuk di eksplore. Namun, pastikan Anda tidak memotret bagian dalam vihara. Karena dapat mengganggu kekhusyukan orang yang tengah melakukan ibadah di vihara tersebut.

Bagian halaman vihara ini cukup luas. Sehingga Anda tak perlu khawatir akan parkir yang padat oleh kendaraan roda empat. Pada bagian atap vihara, Anda bisa melihat dua patung berbentuk naga serta dua ekor ikan berkepala naga tampak kokoh menjaga vihara.

Di bagian depan bangunan, terdapat dua buah patung singa berwarna hitam serta dua buah patung singa berwarna putih. Keempatnya laksana penjaga pintu masuk dari vihara tersebut. Yang akan menghalau segala hal buruk yang akan masuk ke dalam vihara.

Pada bagian dalam vihara, terdapat sebuah bedug yang mirip dengan bedug pada Masjid. Dominasi warna merah dan kuning pun menjadi dominasi dari bangunan ini. Hiasan yang sering Anda lihat di setiap vihara pun ada di di dalamnya. Seperti altar dewa, jejeran hio, hingga lilin dan ornament lainnya.

Namun sayangnya, tidak ada informasi mengenai detiap patung dewa-dewa yang ada di vihara ini. Sehingga Anda para wisatawan yang tidak mengerti akan dewa-dewa dari agama Buddha akan merasa kebingungan. Namun, keindahan dari vihara ini memang menjadi objek yang menarik untuk dilihat.

Gantungan lentera di atas langit-langit pun cukup cantik. Vihara di Medan yang dibangun pada tahun 1930-an ini tidak memberlakukan tiket masuk. Sehingga, Anda bisa mengeksplore keindahan dari Vihara Gunung Timur ini dengan gratis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yuk Mengunjungi Vihara Gunung Timur, Vihara Terbesar di Kota Medan"

Post a Comment